Kategori
News Piloting dan ToT

Project of Change Leadership for University, dilaksanakan di Universitas Brawijaya dan STIE Malangkucecwara

Indonesian Higher Education Leadership (iHiLead) merupakan proyek hibah peningkatan kapasitas Erasmus+ (Program Uni Eropa) yang dibentuk oleh konsorsium tujuh perguruan tinggi Indonesia (UII, Universitas Padjajaran, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Semarang, President University, STIE Malangkucecwara dan Brawijaya University) dan juga tiga universitas luar negeri yaitu University of Gloucestershire (UK), International School for Social and Business Studies (Slovakia), dan Universidad de Granada (Spanyol), melanjutkan Program Pengembangan Kepemimpinan Piloting yang sudah pada tahap 3. Pelatihan ini dilaksanakan di STIE Malangkucecwara dan Universitas Brawijaya Malang, pada tanggal 13 -15 Desember 2022.

Hari pertama, 13 Desember 2022, diawali dengan Opening Ceremony Universitas Brawijaya yang dibuka oleh Rektor UB Prof. Widodo, SSi, MSi, PhD, Med.Sc. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa generasi muda saat ini akan menjadi sumber daya manusia yang penting bagi negara kita di masa depan. Peningkatan kompetensi sangat penting untuk mengembangkan mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Mereka harus memiliki kompetensi dan keterampilan kepemimpinan yang baik. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan dalam mengelola perguruan tinggi.

Widodo sangat mengapresiasi kegiatan proyek ini sehingga dapat diimplementasikan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Ia juga mendukung pemberian pelatihan kepada pimpinan di masing-masing program studi. Kepemimpinan transglobal diharapkan mampu memecahkan masalah global yang tidak dapat diselesaikan dengan pendekatan tunggal dan hanya satu negara. Untuk itu, semua pihak dan beberapa negara dapat saling membantu berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah ini.

The agenda for Phase 3 (that held in STIE Malangkucecwara) is for 4 groups of training participants to present a project of change report, namely “Professional Lecturer Goes to Industry: Improving Lecturer Professional Competence Through Industry-Higher Education Cooperation Programs; Entrepreneurial University Development; Digital Transformation in Higher Education; Generating Evaluation Framework for Quality Assurance Awareness in Higher Education. Apart from the presentations from the 4 leadership development groups, this meeting also discussed the Launching of PEMIMPIN (Higher Education Leadership Education Association).