Kategori
News Piloting dan ToT

7 Perguruan Tinggi Indonesia berkolaborasi untuk peningkatkan kapasitas kepemimpinan perguruan tinggi di Indonesia dilaksanakan di Granada , Spanyol

Tujuh universitas dalam negeri yaitu Universitas Brawijaya, UII, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), President University, Universitas  Negeri Semarang, Universitas Padjajaran dan STIE Malangkucecwara yang membentuk konsorsium yang didukuung oleh Kemendikbudristek dan 3 PT dari luar negeri yaitu University  of Gloucestershire, Inggris,  University of Granada Spanyol dan International School for Social and Business Studies Slovenia mengadakan  Indonesian partners staff training workshop phase 3 yang merupakan  bagian dari kegiatan Ihilead project (Indonesian Higher Education Leadership) di University of Granada dari tanggal 26 sampai 30 September 2022. Project ini dilatarbelakangi bahwa daya saing organisasi sangat dipengaruhi oleh kapasitas kepemimpinan. Tantangan perguruan tinggi diera VUCA ini memerlukan kecepatan, kelenturan dan ketepatan pemimpin dalam membuat keputusan. Keterlibatan mereka diharapkan bisa menjadi mitra perubahan dalam mengadvokasi pentingnya  efektivitas kepemimpinan PT di Indonesia.

Sambutan pembukaan acara tersebut disampaikan oleh Dr. Irene Pedreira Romero, Director of projects and international agreements, and representative of the rector at University of Granada; Dra. Tjitjik Srie Tjahjandarie PhD, dari Kemendikbudristek , Dr. Francisco Javier Montoro Ríos, Head of Modern Languages Centre, Granada; David Dawson, Project Main Coordinator University of Gloucestershire serta Ir. Ilya Fadjar Maharika,Ph.D Project coordinator dari Universitas Islam Indonesia.  

Kegiatan di Universitas  Granada yang dimulai jam 09.00 sampai 18.00 ini sangat padat dengan seminar-seminar tentang EU Best Practice Seminar “Principles for Creating Impact from Higher Education” diberikan oleh David Dawson.  Serta  Creating Policy Impact – The Experience from University of Granada  yang disampaikan oleh Dr. José Alberto Castañeda-García, Research and Postgraduate Studies Vicedean dari the Faculty of Economics and Business;  Dr. Juan Antonio Lacomba-Arias  Vice dean International Relations dari Faculty of Economics and Business;  Dr. Ignacio José Blanco-Medina, Director of International Strategy dari the Internationalization Vice rectorate.  Materi ini banyak memberikan penjelasan bagaimana membuat dampak dari kegiatan proyek ini  untuk perguruan tinggi, sesuai dengan harapan dari project IHILEAD terhadap peningkatan skill kepemimpinan di lingkungan PT secara nasional.

Selain itu, David Dawson,  Valerij Dermol  dan Rodrigo Martin-Rojas memberikan contoh tentang  impactful Higher Education projects: Process and Results. Proyek ini sangat strategis bagi tatakelola PT dan diharapkan bisa berdampak signifikan bagi peningkatan kualitas institusi perguruan tinggi di Indonesia dan sejalan untuk mendukung pencapaian program MBKM. (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Aktifitas peserta pilot project dalam phase 3 ini adalah untuk mengembangkan project of change management yang telah dibuat pada phase 1 dan 2 yang telah dilaksanakan di UII dan Universitas Padjajaran bulan lalu. Aktivitas pada phase sebelumnya menekankan pada pengkayaan dan peningkatan kapasitas peserta pelatihan. Beberapa materi seperti Authentic leadership, managing resource, managing conflict serta beberapa pembahasan kasus diberikan sebagai bekal pengetahuan.