Tentang iHilead

This project has been funded with support from the European Commission. This website reflects the views only of the author, and the Commission cannot be held responsible for any use which may be made of the information contained therein.

Sektor Pendidikan Tinggi di Indonesia sedang menghadapi perubahan yang signifikan saat bergerak dari fase ekspansi karena telah meningkatkan akses ke proporsi populasi yang lebih besar, ke fase di mana fokusnya adalah pada peningkatan kualitas pendidikan tersebut. Meningkatkan kualitas pendidikan tinggi sangat penting karena penelitian menunjukkan bahwa kualitasnya jauh di bawah standar internasional.

Laporan OECD dan Bank Dunia menunjukkan bahwa sektor Pendidikan Tinggi Indonesia perlu meningkatkan daya tanggapnya terhadap tuntutan industri dan perdagangan dalam hal menyediakan lulusan yang terampil, tetapi juga menjadi lebih baik dalam menyediakan penelitian yang mendukung inovasi (Southeast Asian Economic Outlook, 2011/12; Negara et al, 2014).

Kurangnya investasi dalam pendidikan dibandingkan dengan negara-negara pesaing terdekat dan kurangnya staf terampil yang berpendidikan hingga tingkat doktoral telah dianggap sebagai faktor penyebab kurangnya kualitas. Tantangan sistem pendidikan tinggi terkait dengan keterbatasan dana yang tersedia dibandingkan dengan jumlah perguruan tinggi yang beroperasi.

Ada lebih dari 4.000 institusi dengan disparitas tinggi dalam hal kualitas dan infrastruktur. Kesenjangan ini antara lain disebabkan oleh letak geografis Indonesia, karena negara ini tersebar di kepulauan yang sangat luas. Sangat menantang bagi KLH untuk mencoba mengurangi disparitas antara PT berperingkat tinggi dan berperingkat rendah, sambil memastikan bahwa kualitas PT unggulan dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. PT berperingkat lebih rendah, terutama banyak PT swasta kecil, cenderung hanya berfokus pada pengajaran karena terbatasnya jumlah staf akademik yang tersedia. Jam mengajar tenaga akademik seringkali melebihi jam maksimal yang ditetapkan pemerintah. Fenomena ini berakar pada sistem pendanaan. Lembaga-lembaga ini sebagian besar mendapatkan dana mereka dari biaya kuliah, dan oleh karena itu bertujuan untuk memiliki sebanyak mungkin siswa yang terdaftar. Mereka juga mengalami kekurangan tenaga yang mengakibatkan bertambahnya jam mengajar sehingga tidak ada waktu tersisa untuk dua kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat lainnya. Namun, penyebab utama kegagalan tersebut terletak pada para pemimpin di tingkat nasional dan di institusi Pendidikan Tinggi yang tidak dapat fokus pada perubahan yang diperlukan untuk memberikan pendidikan tinggi yang berkualitas (Rosser, 2018). Memang, jelas ada kebutuhan untuk mendukung para pemimpin agar reformasi yang diperlukan untuk pendidikan tinggi di Indonesia dapat terlaksana. penyebab utama dari kegagalan tersebut terletak pada para pemimpin di tingkat nasional dan di institusi Pendidikan Tinggi yang tidak dapat fokus pada perubahan yang diperlukan untuk memberikan pendidikan tinggi yang berkualitas (Rosser, 2018). Memang, jelas ada kebutuhan untuk mendukung para pemimpin agar reformasi yang diperlukan untuk pendidikan tinggi di Indonesia dapat terlaksana. penyebab utama dari kegagalan tersebut terletak pada para pemimpin di tingkat nasional dan di institusi Pendidikan Tinggi yang tidak dapat fokus pada perubahan yang diperlukan untuk memberikan pendidikan tinggi yang berkualitas (Rosser, 2018). Memang, jelas ada kebutuhan untuk mendukung para pemimpin agar reformasi yang diperlukan untuk pendidikan tinggi di Indonesia dapat terlaksana.

Fenomena ini telah mendasari reformasi kunci dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru terpilih. Reformasi difokuskan pada penciptaan lebih banyak fleksibilitas dan otonomi dalam manajemen dan administrasi LPT, dan peningkatan kapasitas para pemimpin untuk menghadapi otonomi tersebut. Hal ini mengarah pada tantangan lain terkait dengan kurangnya fleksibilitas keuangan dan kurikulum di sebagian besar PT. Tidak hanya itu, terbatasnya pimpinan perguruan tinggi yang kompeten untuk menjalankan kepemimpinan yang efektif juga menjadi penyebab gagalnya sistem.

Tingkat komitmen pimpinan di PT untuk perbaikan terus-menerus juga menjadi masalah yang problematis. Hingga saat ini, hanya 96 universitas dari hampir 3000 PT yang terakreditasi A, dan kurang dari 10% di antaranya dapat dianggap berstandar internasional oleh tabel liga akademik internasional terkenal seperti QS World University Ranking. Hal ini menjelaskan mengapa sebagian besar PT belum siap untuk melakukan internasionalisasi. Diyakini bahwa kurangnya kapasitas para pemimpin akademik di PT adalah kunci dari kurangnya kemajuan peningkatan kualitas.

Proyek ini akan memenuhi kebutuhan melalui transfer, pengembangan, dan implementasi kerangka kerja pengembangan kepemimpinan dan manajemen formal dan jaringan pengembangan kepemimpinan terkait yang berbasis di sekitar program pengembangan. Program ini akan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perguruan tinggi, serta staf kepemimpinan dan manajemennya, di Indonesia. Ada kebutuhan yang jelas dan teridentifikasi secara lokal untuk menerapkan program berkualitas tinggi, yang berhasil digunakan oleh lembaga mitra UE, untuk mengembangkan basis keterampilan kepemimpinan dan manajemen di lembaga pendidikan tinggi Indonesia jika manfaat penuh dari perubahan struktural di sektor ini untuk dicapai. Menyadari kebutuhan ini, perguruan tinggi di Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (P9, MOE) ingin bekerja sama untuk mengembangkan kerangka kerja bersama dan jaringan pengembangan yang dapat digunakan oleh semua perguruan tinggi di Indonesia. MOE telah mengamanatkan tujuh universitas mitra Indonesia untuk mengembangkan program semacam itu. KLH juga telah berkomitmen untuk selanjutnya menetapkan kebijakan nasional yang mengamanatkan keterlibatan semua perguruan tinggi di Indonesia dalam kerangka dan dalam jaringan dan program pengembangan kepemimpinan. Para mitra Indonesia menyadari kebutuhan mendesak dan potensi untuk menciptakan langkah perubahan dalam kualitas kepemimpinan dan manajemen di PT yang akan mewujudkan potensi penuh perubahan struktural untuk sektor ini. KLH juga telah berkomitmen untuk selanjutnya menetapkan kebijakan nasional yang mengamanatkan keterlibatan semua perguruan tinggi di Indonesia dalam kerangka dan dalam jaringan dan program pengembangan kepemimpinan. Para mitra Indonesia menyadari kebutuhan mendesak dan potensi untuk menciptakan langkah perubahan dalam kualitas kepemimpinan dan manajemen di PT yang akan mewujudkan potensi penuh perubahan struktural untuk sektor ini. KLH juga telah berkomitmen untuk selanjutnya menetapkan kebijakan nasional yang mengamanatkan keterlibatan semua perguruan tinggi di Indonesia dalam kerangka dan dalam jaringan dan program pengembangan kepemimpinan. Para mitra Indonesia menyadari kebutuhan mendesak dan potensi untuk menciptakan langkah perubahan dalam kualitas kepemimpinan dan manajemen di PT yang akan mewujudkan potensi penuh perubahan struktural untuk sektor ini.

PROGRAM INI UNTUK MENCIPTAKAN LANGKAH-LANGKAH PERUBAHAN KUALITAS KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN YANG MELIBATKAN SELURUH PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

Program ini memastikan bahwa peluang pengembangan kepemimpinan dan manajemen yang dikembangkan melalui proyek akan sesuai dan bernilai bagi seluruh PT di Indonesia. Pada gilirannya, ini akan memastikan bahwa praktik kepemimpinan dan manajemen yang baik didistribusikan secara luas selama proyek serta pada tahap diseminasi.

Memperkuat kapasitas para pemimpin dan manajer untuk bernegosiasi, merencanakan, dan menyampaikan perubahan yang diperlukan untuk transformasi sektor guna meningkatkan kualitas penyediaan. Dengan demikian, tujuan utama dari proyek ini adalah untuk mendukung program reformasi yang berkelanjutan di sektor pendidikan tinggi.

Ini dilakukan dengan mengembangkan kualitas dan keterampilan mengelola keuangan, mengelola risiko, dan manajemen yang efektif serta pengiriman proyek. Begitu pula dengan mengembangkan peserta program agar menjadi pemimpin yang kuat dan berkompeten dalam berkreasi

dan mengkomunikasikan visi mereka untuk bidang tanggung jawab mereka, merumuskan dan menanamkan strategi, menciptakan perubahan, dan berurusan dengan politik, program ini akan memungkinkan mereka untuk mendukung kesehatan yang berkelanjutan dari lembaga mereka dan sektor secara keseluruhan.

MENGAPA UE MENDUKUNG PENINGKATAN KAPASITAS KEPEMIMPINAN DI INDONESIA?

Proyek ini akan menjadi peluang pertama bagi universitas di Indonesia untuk mengembangkan jaringan LMD dan program LMD untuk memenuhi agenda perubahan terkini dalam pendidikan tinggi. Dengan mengikutsertakan beberapa institusi paling inovatif dalam pengembangan kepemimpinan dari seluruh Eropa, proyek ini menyediakan forum untuk fertilisasi silang yang memungkinkan inovasi lebih lanjut terjadi tidak hanya di Indonesia, tetapi juga Peningkatan Kapasitas di bidang pendidikan tinggi.

Proyek ini memiliki enam tujuan, untuk:

  • Menetapkan di mana praktik terbaik di universitas mitra UE tentang desain dan penyampaian kerangka, jaringan, dan program pengembangan kepemimpinan dapat diterapkan untuk meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan manajemen universitas Indonesia (WP2.1)
  • Menciptakan jaringan kepemimpinan dan manajemen pendidikan tinggi dan program terkait yang berfokus pada tata kelola, perencanaan strategis dan manajemen, yang sesuai untuk diterapkan di universitas-universitas di Indonesia (WP2.1)
  • Melatih staf perguruan tinggi Indonesia dalam penyampaian kerangka pengembangan kepemimpinan dan manajemen, jaringan dan program terkait (WP2.2 & WP2.3)
  • Buat infrastruktur untuk mendukung dan mempertahankan jaringan pengembangan kepemimpinan dan manajemen baru dan program terkaitnya (WP2.1)
  • Percontohan dan kemudian menerapkan jaringan pengembangan kepemimpinan dan manajemen baru dan program pengembangan terkait di universitas-universitas di Indonesia (WP2.2 & WP2.3)
  • Menyebarluaskan kerangka kerja, jaringan baru dan program serta temuan, setelah penerapannya, untuk pendidikan tinggi di seluruh universitas di Indonesia, UE, dan internasional (WP4)
SIAPA PEMANGKU KEPENTINGAN DI INDONESIA DAN APA MANFAATNYA BAGI MEREKA?    

Proyek beroperasi pada tingkat nasional, regional, lokal, kelembagaan. 

  • Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di Indonesia 
  • Universitas di Indonesia
  • Pemimpin di tingkat universitas.
BAGAIMANA PROYEK AKAN DILAKSANAKAN?​

Proyek ini dimulai pada Januari 2021 hingga akhir 2024. Ada dua program besar yakni LMDP (Leadership and Management Development Program) dan Leadership and Management Development Network (LMDN).
Ada beberapa langkah pelaksanaan Leadership and Management Development Program (LMDP).
Pertama, latih bengkel pelatih. Kedua, lokakarya percontohan kepemimpinan yang dibagi menjadi 3 fase: Fase 1 – Membangun Inisiatif; Fase 2 – Proyek Perubahan dan Fase 3 – Menciptakan Dampak. Ketiga, setelah tahapan tersebut disampaikan kepada peserta pelatihan, masing-masing universitas mitra akan menerapkannya kepada pimpinan mereka di tingkat universitas untuk menciptakan dampak dari proyek percontohan ini. Keempat, program ini akan diimplementasikan ke perguruan tinggi lain di Indonesia. Pemimpin yang berhasil lulus program ini akan mendapatkan Sertifikat Bersertifikat yang dikeluarkan oleh Asosiasi yang dibuat oleh 7 universitas konsorsium.
Selanjutnya LMDN akan dilakukan dengan membentuk asosiasi yang akan mengadakan pelatihan kepemimpinan dan menerbitkan sertifikat kepemimpinan bersertifikat.

MANAJEMEN MUTU

Untuk memastikan bahwa proyek berjalan dengan baik dan berdampak signifikan pada kepemimpinan di perguruan tinggi di tingkat nasional, proses tersebut harus dipantau dan dievaluasi oleh kelompok penasehat dan evaluator eksternal.