Kategori
News Piloting dan ToT

UAD Tuan Rumah Workshop iHiLead

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi tuan rumah gelaran acara workshop Indonesian Higher Education Leadership (iHiLead). Acara tersebut bertajuk “Evaluation and Redevelopment Workshop on iHiLead LMDP/LMDN”. Pada Senin, 20 Februari 2023, upacara pembukaan dilaksanakan di Amphitarium Gedung Utama Kampus IV UAD dengan dihadiri oleh Rektor UAD, jajaran wakil rektor, iHiLead Project Leader, dan masih banyak lagi.

Leadership and Management Development Programme (LMDP) dan Leadership and Management Development Network (LMDN) merupakan 2 program besar yang digagas oleh iHiLead dan telah dilaksanakan sejak tahun 2021. Keduanya dirancang untuk para pimpinan universitas agar mereka menjadi pemimpin yang kompeten dalam membuat visi masa depan, memformulasikan strategi yang kuat, dan mampu membuat perubahan.

Rektor UAD Dr. Muchlas, M.T., dalam sambutannya menekankan bahwa UAD berkomitmen kuat untuk mendukung program-program dari iHiLead. Workshop ini juga ditandai sebagai kali kedua UAD menjadi host program iHiLead. Muchlas menerangkan bahwa tidak ada banyak program kepemimpinan seperti ini. “Maka program ini akan menjadi salah satu alternatif yang mampu mewadahi peningkatan kapasitas para pemimpin perguruan tinggi,” tuturnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Yogyakarta Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. juga berkesempatan hadir dalam acara tersebut dan menyampaikan sambutannya. Ia mengungkapkan apresiasinya terhadap iHiLead yang telah sukses melaksanakan piloting programme LMDP berupa building initiative, project of change, dan creating impact. “Ke depannya, para pemimpin dari perguruan tinggi harus mampu mengkolaborasikan antara leadership dan management,” imbuh Aris.

Rangkaian agenda workshop akan digelar selama 4 hari ke depan sampai 23 Februari 2023. Beragam topik mulai dari implementasi LMDP hingga pengembangan modul akan jadi pembahasan utama selama acara berlangsung. Melalui kegiatan ini, diharapkan kompetensi leadership dan management para pimpinan perguruan tinggi dapat semakin berkembang.